Apa Sih Xampp Itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya

Apa Sih Xampp Itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya
Halo sahabat Belajar Pintar PHP yang setia, kali ini kita membahasa hal-hal dasar tetentang PHP yang terkadang kita lupa untuk mempelajarinya. Kali ini kita akan membahas tentang XAMPP. Mungkin banyak dari sobat sekalian yang sudah pernah menggunakan XAMPP dalam proses belajar PHP, namun terkadang tanpaa disadari kita sering lupa atau bahkan tidak tau Apa sih Xampp itu ? Darimana sih asal-usul Xampp itu ? dan Apa sih yang bisa dilakukan dengan Xampp ?. Nah untuk menjawab pertanyaan demikian, saya ingin membagikan jawaban dimana jawaban ini saya kutip dari website Wikipedia Bahasa Indonesia dan saya berikan kepada anda semua. (http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP)

Apa Sih Xampp Itu ?

XAMPP adalah perangkat lunak bebas atau software bebas alias gratis, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Kalau saya boleh membuat pengertian sendiri tentang Xampp, menurut saya Xampp itu adalah sebuah server yang berdiri sendiri atau disebut juga localhost. Mengapa saya sebut Xampp itu sebagai server ? karena didalam folder Xampp lah nantinya kita akan menyimpan file website dan database kita. Sifatnya hampir mirip dengan Web Server yang ada di internet, hanya bedanya Xampp tidak perlu terkoneksi ke internet alias dapat berdiri sendiri atau localhost.

Apa Sih Fungsi Xampp Itu ?

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Sejarah dan Pengembang

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team)

Asal kata dari XAMPP

XAMPP merupakan sebuah singkatan dimana masing-masing hurufnya memiliki arti tersendiri :

Huruf "X"

X = Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

Huruf "A"

A = Apache, merupakan aplikasi web server.Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

Huruf "M"

M = MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

Huruf "P" (yang pertama)

P = PHP, bahasa pemrograman web.
 merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.

Huruf "P" (yang kedua)

P = Perl, bahasa pemrograman dimana dalam blog ini kita tidak membahasnya.

Bagian Penting XAMPP

Mengenal bagian XAMPP yang biasa digunakan pada umumnya:

  • htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
  • Kontrol Panel yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

Komponen yang tersedia didalam Xampp :

XAMPP 1.8.3 untuk Windows, including:
Apache 2.4.4
MySQL 5.6.11
PHP 5.5.0
phpMyAdmin 4.0.4
FileZilla FTP Server 0.9.41
Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
Strawberry Perl 5.16.3.1 Portable


XAMPP Control Panel 3.2.1 (from hackattack142)


XAMPP 1.8.3 untuk Linux, including:
Apache 2.4.4
MySQL 5.6.11
PHP 5.5.0
phpMyAdmin 4.0.4
OpenSSL 1.0.1e


XAMPP untuk Solaris


XAMPP untuk Mac OS X

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP

Sampai disini saya harap sobat sekalian sudah dapat memahami apa itu Xampp dengan penjelasan yang saya berikan barusan. Untuk cara menginstal Xampp dan bagai mana cara penggunaanya akan kita bahasa pada postingan saya selanjutnya yaitu Cara Instalasi Xampp dan Cara Penggunaanya.

Terimakasih buat sobat sekalian karna sudah singgah diblog ini, saya harap dengan ilmu yang sedikit ini bisa menjadi bekal yang baik buat anda sekalian, jangan lupa share dan komentarnya ya sobat. Thanks



3 Komentar

  1. Thanks info nya sekarang mulai ngerti xampp

    BalasHapus
  2. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    At least 160k women and men are using a easy and secret "liquids hack" to lose 1-2lbs each night in their sleep.

    It's very simple and it works with everybody.

    This is how you can do it yourself:

    1) Hold a clear glass and fill it up half full

    2) Proceed to do this proven hack

    and be 1-2lbs skinnier when you wake up!

    BalasHapus
  3. Terimakasih penjelasannya sangat bagus kunjungi juga
    Cara Install Xampp dan penggunaannya di

    darsonoaja.blogspot.com

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama