Cara Belajar Bahasa Pemrograman PHP dengan Mudah Dengan Metode Learning By Sample

Cara Belajar Bahasa Pemrograman PHP dengan Mudah Dengan Metode Learning By Sample
Sebelumnya saya sapa dulu pengunjung setia blog ini, Halo sahabat Belajar Pintar PHP, apa kabar ? saya harap anda semua dalam keadaan sehat dalam berkunjung keblog saya ini. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips atau trick bagaimana sih belajar php yang menyenangkan tanpa membuat para pemula merasa patah semangat atau kalah sebelum berperperang. Nah kali ini saya akan memberikan sebuat tips dimana hal ini adalah yang saya terapkan pada saat saya pertama kali belajar php yaitu dengan metode Larning By Sample.


Mengapa Learning by Sample ?

Setelah 4 tahun saya belajar PHP dan saya juga sering mendapat beberapa pertanyaan dari beberapa sobat saya yang pengen belajar PHP kepada saya, kebanyakan mereka mengatakan bahwa belajar dari kampus atau sekolah sangatlah susah atau dengan kata lain mereka susah mencerna pelajaran yang diberikan baik dosen maupun guru.

Mengapa demikian ? karena tanpa kita sadari sering kali proses belajar pemrograman sebuah instansi pendidikan dimulai dengan sebuah konsep dan teori yang terlalu tinggi untuk pemula dan hal ini lah yang sering membuat para pemula patah arang dalam belajar pemrograman karena mereka langsung beranggapan bahwa program itu sulit yang disebabkan oleh pelajaran yang pertama kali mereka pelajari adalah konsep pelajaran yang terlalu tinggi. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan bagi para pembelajar, baik yang ada di dunia akademik maupun dunia profesional.

Dan sehubungan permasalahan yang sering saya jumpai bagi para pemula, maka muncullah sebuah ide buat saya untuk memberikan tips bagai mana sih cara yang paling efektif dalam belajar pemrograman terutama belajar php. Tips ini juga saya terapkan dalam belajar berbagai bahasa pemrograman.

Sedikit saya ceritakan tentang awal saya tertarik dengan bahasa program, dulunya saya kuliah disalah satu kampus dimedan dengan jurusan yang saya pilih Informatika Komputer, dan saya dulu dikelas termasuk orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman dan pelajaran yang diajarkan oleh dosen sangat sulit saya cerna. Nah mungkin anda bertanya, kenapa sekarang saya sudah menjadi programmer ? Ceritanya begini sob, kebetulan dulu saya ambil Diploma satu dan otomatis awal semester 2 saya harus mulai memikirkan Tugas akhir saya yang harus dikerjakan dengan bahasa program, saya waktu itu mulai kebingungan bagaimana saya atau harus darimana saya memulainya dan saya yakin juga anda juga pernah mengalami hal yang demikian ( Bingung Memulainya Dari Mana ).

Singkat cerita, saya pada waktu itu iseng-iseng mencari bahan referensi saya belajar pemrograman Visual basic dimana waktu bahasa pemrograman yang pertama kali saya pelajari visual basic dan bukan berarti tips saya ini tidak berlaku dengan Bahasa Pemrograman lainnya ya. Pada waktu itu saya sedang browsing di internet, kebetulan saya mendapatkan sebuah source code membuat huruf berkedip-kedip dengan pergantian warna atau dengan kata lain Membuat animasi teks.

Nah kebetulan saya sangat suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan design atau animasi, dan tanpa tanua saya langsung download dan praktekin soure code tersebuat di komputer saya. Sambil asik mempraktekkan, muncul dalam benak saya, bagaiman jika programnya saya rubah sedikit ya,, ?? lalu saya rubah misalnya ada angka 1 (satu) saya rubah menjadi angka 2 (dua) misalnya ada kata left (kiri) saya rubah menjadi Right (kanan) dan demikian sampe seterusnya. Dan tanpa saya sadari saya jadi mengerti fungsi dari setiap source code tersebut karena saya mengamati perubahan yang terjadi ketika saya merubah source codenya.

Dan dari situ saya menjadi suka dengan program dan sangat semangat mempelajarinya. Nah mengapa saya cerita demikian diblog ini, mungkin anda bertanya demikian, Disini saya ingin menjelaskan bahwa inti dari cerita diatas dan inti dari Tips belajar PHP yang saya maksud adalah Belajar lah Sesuai Dengan Hal apa yang anda sukai, atau dengan kata lain Mulailah Belajar Pemrograman PHP dari Hal yang anda sukai.

Misalkan anda suka design, belajar lah program yang berhubungan dengan design dan usahakan program anda pelajari pertama kali adalah program yang paling mudah anda cerna. Mungkin anda lebih mudah mencerna PHP atau mungkin juga Visual Basic maupun lainnya.

Intinya Mulailah dari hal yang anda suka. Dan maksud saya lerning by sample adalah bahwa belajar program itu tidak perlu terlalu banyak teori tetapi langsunglah masuk ke praktek dengan contoh-contoh program yang menurut anda sangat suka.

Misalnya, cara Membuat kalender dengan PHP, cara membuat teks berjalan dengan HTML, cara membuat animasi menggunakan PHP, cara membuat Visit Counter dengan PHP, cara Membuat buku tamu dengan PHP dan masih banyak lainnya.

Anda bisa mendowload source codenya dari internet dan mempelajari source code tersebut dikomputer anda masing-masing denga menggukan tips yang saya berikan tadi, dimana anda saya anjurkan mengubah sedikit demi sedikit programnya dan amati apa yang berubah jika anda merubah program tersebut, dari situ anda akan dapat mengetahui apa fungsi dari setiap program yang anda pelajari nantinya.

Yang terpenting disini adalah niat dan kemauan belajar, barang siapa yang mau belajar, hendaklah ia pintar karena segala sesuatu itu dimulai dari nol, saya juga dulu sama seperti anda yang belum mengerti bahasa pemrograman, hanya saja saya punya niat dan kemauan yang tinggi dalam belajar.

Belajar Bahasa Pemrograman Itu tidak susah jika bukan kita sendiri yang membuatnya susah

Mungkin anda berpikir, saya itu susah dalam belajar, atau ada juga yang berpikir, saya kan orang yang dianggap bodoh oleh teman-teman saya ,,,. Disini saya hanya mengingatkan anda, kita terlahir bagaikan kertas putih, orang pintar sekali pun pasti pernah berada dititik dimana anda berada sekarang. Tidak ada orang bodoh kecuali dia sendiri yang membuatnya bodoh kerena kemalasan. Disiplin dalam belajar dan tidak merasa pintar itulah kunci utama belajar program. Belajar Bahasa Pemrograman itu tidak susah yang terpenting adalah anda harus sering mengulan dan mengulan program tersebut dan tanpa disadari pasti ada yang lengket diotak kita nantinya.

Demikian Tips Belajar Bahasa Pemrograman khususnya PHP dari saya, semoga tips ini dapat membantu anda sekaligus motivasi awal bagi anda yang sedang belajar bahasa pemrograman apapun itu jenisnya.
Jangan lupa like, share dan komentarnya ya sahabat sekalian. Selamat belajar buat anda calon programmer dunia.

12 Komentar

  1. mau nanya nih gan, saya tertarik untuk belajar bahasa pemrograman,, tapi ga punya pengetahuan sama sekali,
    kira" solusi nya gimana ya gan ?
    apa ada software yang harus saya download ?
    saya dah download dev c++ tapi ga tau cara penggunaan nya,
    apa ada software lain yg harus saya downlooad lagi untuk latihan saya ?
    please gan,, serius nih pengen belajar.

    BalasHapus
  2. @ujang sherlock: Jika anda masih baru pengen belajar program, saya sarankan anda untuk pelajari Bahasa Pemrograman Pascal, karena itu sangat cocok sebagai dasar belajar program.

    untuk mendownload pascal anda bisa cari link downloadnya di internet atau search aja di om google, pasti ada.

    tutorial belajarnya juga ada banyak bertearan di internet.

    selamat belajar dan saya harap jawaban saya dapat membantu anda.

    BalasHapus
  3. pingin pinter tapi bagaimana ya memulainya?

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas motivasi dan semangatnya..

    BalasHapus
  5. gan klo coding dasar nya Bootstap Template biar gampang ngerubah nya apa ajah sihh.. mohon di jawab gan .. lagi masa belajar hampir mulai PKL :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat
    kunjungi website saya https://naliyana.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  7. Terimakasih penjelasannya sangat bagus kunjungi juga darsonoaja.blogspot.com
    Belajar PHP Dasar Bahasa indonesia ala darsonoaja.blogspot.com

    BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Terimakasih penjelasannya sangat bagus kunjungi juga darsonoaja.blogspot.com
    Belajar PHP Dasar Bahasa indonesia ala darsonoaja.blogspot.com

    BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

    BalasHapus
  9. @Unknown:
    Belajar nya bisa melalui nonton video di youtube gan, sekarang sudah banyak tutorial dan channel bahasa indonesia tentang php, kalo suka baca bisa dengan mengunakan ebook php.
    softwarenya bisa langsung install xampp, yang sudah include dengan mysql untuk database.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama