Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

logo Xampp
Halo Sahabat Belajar Pintar PHP, kali ini saya akan membagikan kepada anda bagaimana cara Instalasi Xampp pada Windows 7 dengan lengkap yang disertai gambar-gambar dari setiap step by step dan saya harap hal ini dapat membantu anda sekalian.

Oke, sebelum kita masuk cara instalasi Xampp, saya berharap anda sudah mengerti dulu apa itu Xampp, dan buat yang belum mengerti anda dapat melihat dipostingan saya sebelumnya tentang Apa Sih Xampp itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya.

Jika anda sudah mengerti dan tau apa itu Xampp, mari kita lanjut pada inti pembahasan kita kali ini.

Cara Instalasi Xampp pada OS Windows 7

1. Langkah Pertama
Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mendowload Xampp pada link yang akan saya berikan dibawah ini. Dan bagi anda yang sudah memilikinya, bisa anda lanjut pada langkah yang akan saya terangkan selanjutnya.

Download Xampp for Windows 7  -32bit disini

2. Langkah Kedua
Jika anda sudah berhasil mendownload Xampp pada link saya berikan tadi, maka langkah selanjutnya adalah double click file exe Xampp tersebut untuk memulai instalasinya.

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Selanjutnya akan muncul window seperti ini yang meminta anda untuk memilih bahasa. Pada kasus ini pilih saja "English" lalu klik "Ok".

3. Langkah Ketiga
Pada tahap selanjutnya biasanya akan muncul pesan seperti ini :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Jika muncul window yang demikian, ini berarti anda diminta memeriksa dulu pengaturan yang ada pada UAC (User Account Control). Nah untuk memeriksanya, langkah pertamanya adalah dengan cara klik tombol windows anda dan arahkan poiter mouse anda pada kolom search lalu ketikkan UAC dan tekan enter. Setelah itu akan muncul window seperti gambar dibawah ini :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Jika window seperti gambar diatas muncul, hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menurunkan level dari UAC sampai level terendah (Never Notify) dengan cara men-drag nya. Jika sudah, klik tombol "Ok"

4. Langkah keempat
Jika langkah ketiga tadi sudah anda lakukann dengan benar, maka mari kita lanjutkan proses instalasi dari Xampp sampai ketahap selanjutnya dengan Meng-Klik tombol "Next" seperti gambar dibawah ini :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

5. Langkah Kelima

Selanjutnya akan muncul window seperti ini :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Pada bagian ini, yang perlu anda centang adalah hanya pada bagian :

1. Install Apache as service
2. Install MySQL as service

Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar diatas. Mungkin anda bertanya mengapa cuma dua yang harus di centang ? sebenarnya sih jika anda mencentang ketiganya tidak masalah, hanya karena jika anda mencentang yang ketiga ada baiknya anda sudah mengerti dulu apa itu Filezilla. Jika anda belum mengerti, saya sarankan yang perlu anda centang adalah kedua pilihan yang saya sebutkan tadi.

Jika sudah, maka lanjutkan proses instalasi dengan cara mengklik tombol "install".

6. Langkah Keenam
Selanjutnya akan muncul windows proses instalasi dari Xampp tersebut, dan silahkan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi mencapai 100%.

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Jika proses instalasi sudah selesai, maka akan muncul window seperti gambar dibawah ini yang menandakan bahwa proses instalasi Xampp anda sudah selesai.

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

yang perlu anda lakukan adalah hanya meng-klik tombol "Finish". Jika sudah selesai, jalankan Xampp yang anda install sebelumnya untuk menampilkan window "Control Panel" dari Xampp tersebut. Berikut gambarnya :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Jika Window Control Panel dari Xampp anda sudah muncul, maka yang perlu anda lakukan adalah memastikan apakah Apache dan MySQL dari Xampp anda sudah dalam keadaan Running. Jika belum anda dapat menjalankannya dengan meng-klik tombol start yang terdapat pada sebelah kanan dari masing-masing service yang ingin anda jalankan.

7. Langkah Ketujuh
Oke, mari kita lanjut pada tahap selanjutnya yaitu mengecek apakah server Xampp anda sudah benar-benar terinstall atau belum. Caranya, Ketikkan http://localhost pada address bar browser anda. Jika Xampp anda sudah terinstal dengan benar maka akan muncul halaman seperti dibawah ini pada browser anda :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7

Dan untuk mengecek apakah phpmyadmin nya sudah terinstall dengan benar, anda dapat mengeceknya dengan mengetikkan pada address bar anda  http://localhost/phpmyadmin/ . Jika memang sudah terinstal dengan baik, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini :

Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7


Oke sobat-sobat sekalian, cukup sekian penjelasan tahap-demitahap mengenai proses instalasi xampp dan saya harap ilmu yang sedikit ini dapat membantu sobat sekalian yang mengalami masalah dalam proses instalasi Xampp. Anda juga dapa membaca postingan saya tentang Cara Membuat Database dengan Xampp dan Cara Cepat memulai PHP dengan Xampp.

Oke Cukup sekian dulu Postingan saya untuk kali ini, nantikan postingan saya selanjutnya yang pasti lebih menarik dan gampang anda pahami terutama bagi para pemula. Saya juga tidak lupa meminta Like, Share dan Komentarnya mengenai Postingan saya ini. Terimakasih banyak atas partisipasinya sebelumnya sob.

10 Komentar

  1. Siang salam kenal nih mas..sy hendra dari makassar...mngkin sy bs crta sdikt tentang pengalman sy dan sm sekali sy awam di dunia xampp, php dan sql...
    1.baru2 ini sy membeli sebuah software sist.info berbasis web.(php,mysql) yang jadi kendala adalah pd saat sy meminta program mentah termasuk databasenya si sang programmer blang databasenya tidak bisa dia kshkan karena saling berkaitan dngan user pelanggannya yang lain,jadi bisa mengganggu informasi pelanggannya,apa benar ??
    2. kira2 bisa tdak sih khusus database punya saya dipisahkan dengan database pelanggan yang lain?berhubung database dari perusahaan saya jg sifatnya RHS tdak bs untuk dipublikasikan meski itu hanya seorang programmer yang mengetahui..
    mohon bantuannya..tq

    BalasHapus
  2. @hendra jie:

    Saya admin dari blog ini, saya ingin menjawab pertanyaan anda yang saya rasa ini suatu hal yang sangat serius,

    Menurut saya, alasan si programmer tidak mau memberikan program mentah dan datasenya, karena mungkin dia menggabungkan beberapa file website dan database dari client lain dalam satu web hosting yang dia gunakan,

    web hosting itu adalah tempat menyimpan file website dan database website anda.

    jadi solusinya adalah, anda harus membeli satu web hosting sendiri dan masalah gimana cara membelinya, bisa anda tanyakan kepada programmer yang membuat sis.info anda.

    harga web server tergantung kapasitas penyimpanan data yang ditawarkan, biasanya harganya berkisar ratusan ribu saja, kalau untuk wesite seperti yang anda gunakan.

    intinya gini, beli aja web server anda sendiri, dan minta dia memindahkan file wesite dan database anda tersebut ke dalam web server yang anda beli tadi.

    dan minta tolong kepada dia untuk ajarin gimana cara menjaga dan mengolah data website didalam web server.

    kalau misalnya dia tetap tidak mau dengan saran yang saya berikan barusan, kemungkinan dia ingin bermain kotor dengan file website anda.

    thanks, saya harap ini membantu anda.

    BalasHapus
  3. ok thank u atas bantuannya...btw ada nggak buku panduan untuk pemula yang lebih detail lagi tentang pengoperasian XAMPP,phpmyadmin beserta plugin ex bitNami joomla,dan bitnami wordpress...

    BalasHapus
  4. saya sangat tertarik dengan tulisan anda, saya juga mempunyai tulisan sejenis seperti ini
    yang mungkin anda juga tertarik, anda bisa mengunjunginya di klik disini terima kasih.

    BalasHapus
  5. Sip PHP Lovers.. pastikan gunakan Xampp terbaru dan update informasi tentang php id php.net biar g ketinggalan

    salam dari Onphpid.com

    nitip artikel cara membuat website gan :D

    CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI


    SOFTWARE UNTUK MEMBUAT WEBSITE

    MERANCANG WEBSITE SENDIRI

    BalasHapus
  6. @Ivan Silalahi:kalo instalasi.xampp di windows 7 64bit dan winserver 2008? ada nggak aplikasinya?ato bs mnggunakan xampp 32bit sja?..bs mnta emailnya nggak gan?tq

    BalasHapus
  7. Terima kasih telah memberi kami pengetahuan tentang apa yang telah Anda gambarkan. jangan lupa Kunjungi juga website saya di : https://bagussmj.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/?


    BalasHapus
  8. Kalo install xampp harus versi apa untuk tahun 2020 ini gan,, Kelas Programmer

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama