Dasar PHP dan Apa Itu PHP Serta Perintah Dasar PHP

Apa Itu PHP ?

Apa sih PHP itu ? Ini dia jawaban Paling Cocok untuk pemula
Halo sahabat Belajar Pintar PHP, mungkin sebagian dari anda belum paham atau baru pertama kali belajar yang namanya PHP. Apa sih PHP itu ? PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor
PHP sangat banyak digunakan oleh para web developer maupun para pembelajar karena sifatnya yang open source alias gratis





Kesimpulan :

PHP dapat diartikan sebagai bahasa server scripting, dan sangat cocok digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis dan interaktif dengan cepat karena kemudahan yang diberikan serta sangat mudah untuk dipahami baik untuk pemula maupun profesional.

Selain PHP ada juga bahasa server scripting yang juga sering digunakan yaitu Microsoft ASP. Namun ASP ini tidak sepopuler PHP yang dimana hampir semua Website didunia ini menggunakan PHP sebagai Bahasa Servernya. Contoh yang paling sering kita lihat adalah Facebook, pasti anda semua tau apa itu facebook bukan ? nah, facebook ini ternyata dibuat menggunakan PHP.

Sebelum Anda Belajar PHP, Perlu anda ketahui apa saja yang perlu anda pelajari atau minimal mengerti sedikit tentang programnya, antara lain :



  • HTML
    Kenapa HTML harus anda pelajari ? karena dalam merancang sebuah website, anda harus menggunakan HTML. Sebagai contoh : Membuat tabel, form, textbox dll.




  • CSS
    Kenapa CSS harus anda pelajari juga ? karena dalam merancang website ini juga sangat penting disebabkan CSS adalah Program yang digunakan untuk mengatur tampilan atau design tampilan seperti background web anda, jenis font yang anda gunakan, dll.

  • JavaScript
    Kenapa JavaScript dipelajari juga ? karena javascript ini sangat penting dalam pembuatan website sebagai contoh: Menampilkan pesan jika data sudah tersimpan, menampilkan pesan jika ada kesalahan dalam penginputan data pada form HTML, dan intinya JavaScript itu sangat erat hubungannya dengan event-event yang terjadi dalam sebuah halaman website seperti event Click, even Onload, Event Focus dll.


  • Jika semua persyaratan diatas sudah anda penuhi maka anda sudah dapat belajar PHP. Mungkin anda bertanya-tanya, Apasih contoh nyata dari PHP itu dalam sebuah website ? Nah untuk menjawab itu, saya akan memberikan contoh nyata yang sering anda gunakan atau bahkan berkali-kali anda gunakan.

    Contoh Nyata penggunaan PHP adalah sebagai berikut :
    Mungkin anda semua pasti memiliki akun facebook dan pasti pernah melakukan yang namanya update status, benar bukan ?
    Nah, ketika anda telah selesai mengetikkan status yang anda buat, maka anda otomatis akan mengklik tombol "Kirim" bukan ?
    Sebenarnya ketika anda klik tombol kirim pada facebook tadi, secara otomatis program PHP akan menjanlankan perannya sebagai bahasa server dimana status yang anda ketikkan tadi akan disimpan kedalam database dengan menggunakan program PHP dan kembali ditampilkan dengan menggunakan PHP juga.

    Dari penjelasan saya diatas, maka anda mungkin dapat menyimpulkan bahwa PHP itu berperan sebagai penghubung website anda dengan database yang anda gunakan dimana PHP itu dapat Menyimpan, Mengedit, Menghapus dan Menampilkan data yang ada didalam database. Sebenarnya kegunaan PHP bukan hanya sebatas hal yang demikan, namun kenapa hanya ini saja yang saya kasitahu kepada anda, karena ini contoh nyata dan yang sangat mudah anda cerna bagi orang-orang yang masih awam dengan PHP.

    Catatan :
    File PHP dapat berisi teks, HTML, CSS, JavaScript, dan kode PHP itu sendiri
    Kode PHP dieksekusi di server, dan hasilnya dikembalikan ke browser sebagai halaman HTML
    File PHP memiliki ekstensi "php."


    Apa Sih Yang Bisa Dilakukan PHP ?

    PHP dapat menghasilkan konten halaman website yang dinamis
    PHP dapat membuat, membuka, membaca, menulis, dan menutup file di server
    PHP dapat mengumpulkan data formulir
    PHP dapat mengirim dan menerima cookies ( biasanya ini digunakan dalam proses login )
    PHP dapat menambah, menghapus, memodifikasi data dalam database Anda (MySQL, Oracle dll)
    PHP dapat membatasi pengguna untuk mengakses beberapa halaman website anda
    PHP dapat mengenkripsi data
    Dengan PHP Anda tidak terbatas untuk output HTML.
    Anda dapat output gambar, file PDF, dan bahkan film Flash. Anda juga dapat output teks, seperti XHTML dan XML.

    Perintah Dasar PHP adalah Sebagai Berikut

    PHP itu harus diawali oleh tag pembuka PHP sebagai berikut <?php dan harus ditutup dengan tag penutup PHP yaitu ?php>. Dan program utama dari PHP tersebut diketikkan diantara tag pembuka PHP dan tag penutup PHP tadi. Sebagai Contoh anda dapat melihatnya dibawah ini.

    Pada Contoh kali ini kita akan menampilkan Tulisan "Halo Sahabat Belajar Pintar PHP" di browser yang kita gunakan. Oke langsung saja pada Programnya :
    <?php
    Echo "Halo Sahabat Belajar Pintar PHP";
    ?php>

    Alasan Mengapa Anda Harus Memilih PHP ?

    PHP dapat berjalan di berbagai platform atau sistem operasi (Windows, Linux, Unix, Mac OS X, dll)
    PHP kompatibel dengan hampir semua server yang digunakan saat ini (Apache, IIS, dll)
    PHP mendukung berbagai database (MySQL, Oracle, Acces, dll )
    PHP itu bersifat open source atau gratis tanpa biaya dan anda dapat mendownload di internet secara bebas
    PHP mudah dipelajari oleh pemula dan berjalan efisien pada sisi server

    Bagaimana Cara Menginstalnya ?

    Sekarang ini anda tidak perlu mendowload PHP secara terpisah dengan database seperti MySQL, karena sudah banyak sekarang ini Distro yang menyediakan paket PHP yang langsung dilengkapi oleh database MySQL, sebagai contoh adalah Xampp. Xampp ini juga yang saya gunakan dan tutorial-tutorial yang saya bagikan diblog ini juga kebanyakan menggunakan Xampp.

    Nah, untuk lebih jelasnya, anda dapat mengetahui sekaligus mendowload Xampp secara gratis pada postingan saya selanjutnya degan cara mengklik link dibawah ini :

    Apa itu Xampp dan Bagaimana cara menggunakannya ?

    Oke sahabat sekalian, sekian dulu untuk saat ini, kebetulan saya juga lagi ada kerjaan lainnya, jadi saya harap, penjelasan singkat ini dapat membantu sobat sekalian dan jangan lupa like, share dan komentarnya ya sobat. Terimakasih

    7 Komentar

    1. sangat mudah dimengerti, thanks

      BalasHapus
    2. Untuk saya yang baru belajar web, saya rasa info ini sangat bermanfaat sekali. Terima kasih informasi yang diberikan. keep posting ilmu yang bermanfaat gan..

      wallpaper Mobil keren

      BalasHapus
    3. izin Shere Saya Sertain Sumber bg

      BalasHapus
    4. Terimakasih penjelasannya sangat bagus kunjungi juga
      Cara Install Xampp dan penggunaannya di

      BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

      BalasHapus
    5. Terimakasih penjelasannya sangat bagus kunjungi juga
      Belajar PHP Dasar Bahasa indonesia ala darsonoaja.blogspot.com

      BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

      BalasHapus
    6. The high priority iPhone permits the fortunate proprietor to fundamentally deal with each of their everyday arrangements, calls, and assignments from one area. In spite of the fact that its appearance in simwetrust have gotten more modest, the most recent innovation in cells has certainly gotten greater, quicker, and more grounded.

      BalasHapus
    Lebih baru Lebih lama