Cara Membuat Database dengan Xampp

Halo sahabat Belajar Pintar PHP, untuk menyempurnakan pengetahuan anda mengenai Xampp yang saya jelaskan pada postingan saya sebelumnya yang berjudul "Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7" dan "Apa Sih Xampp Itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya" kali ini saya akan membagikan kepada sobat sekalian cara membuat database dengan menggunakan Xampp.

Pada kasus ini saya berasumsi bahwa anda sudah menjalankan Service Apace dan Service MySQL pada Control Panel Xampp dan anda sudah mengerti bagaimana cara menjalankannya. Jika Belum, anda bisa cek Postingan saya sebelumnya disini.

Jika anda sudah melakukan yang saya anjurkan diatas sekarang kita akan belajar bagaimana menghubungkan PHP dengan database MySQL dan tentunya menggunakan server Xampp, sehingga kita bisa menyimpan data-data kedalam database MySQL.tanpa panjang lebar langsung saja kita praktekin ok.


Cara Membuat Database

Buat sebuah database baru dengan cara buka browser anda dan pada address bar ketikan http://localhost/phpmyadmin maka akan terbuka menu phpmyadmin yang akan kita gunakan untuk membuat sebuah database baru dengan nama siswa. Untuk membuat databasenya silahkan lihat gambar dibawah ini :


Create New Database Xampp

Selanjutnya klik tombol Create. Maka akan tampil menu create new table lalu isikan datanya seperti gambar dibawah ini : 


 

Maksudnya kita akan membuat tabel dengan nama biodata pada database siswa, dimana pada tabel tersebut terdapat 3 buah field yang akan kita isi dengan NIS, Nama dan Kelas, selanjutnya tekan tombol go.

Selanjutnya isikan properties pada masing-masing field tersebut seperti gambar dibawah ini :



Pada tabel biodata tersebut kita menjadikan field NIS sebagai primary key, dimana primary key ini merupakan kunci utama yang bersifat unik dan tidak boleh sama nilainya.

Setelah proses pembuatan selesai, selanjutnya kita buat file-file PHPnya. 

Langkah pertama buat sebuah folder baru didalam folder htdocs, lalu beri nama biodata. Pada dasarnya folder htdocs berada di drive C:\Xampp\Htdocs\... 

Dan untuk melihat Database yang buat barusan, anda bisa lihat didalam folder data dan cari folder yang namanya siswa sesuai nama database yang anda buat barusan. Pada dasarnya folder data berada pada drive C:\Xampp\MySQL\data\....

Selanjutnya buat sebuah file PHP baru yang akan digunakan sebagai koneksi antaraPHP dengan MySQL, berinama file PHP tersebut dengan nama koneksi.php lalu isikan datanya seperti script php dibawah ini :



<?php
$hostname = "localhost";
$username = "root";
$password = "";
$database = "siswa";

mysql_connect($hostname,$username,$password) or die ("Data base Tidak Terhubung, Cek Koneksi!");

mysql_select_db($database);
?>


Penjelasan Kode diatas :


Pada file koneksi.php ini pertama kita membuat sebuah variabel dengan nama $hostname yang memiliki nilai localhost, variabel $username dengan nilai root dan juga sebuah variabel $password dengan nilai kosong, namun jika anda memberikan password pada mysql anda, isikan nilainya sesuai dengan password anda. Selanjutnya sebuah variabel $database dengan nilai siswa, dimana variabel inilah yang digunakan untuk memilih database yang akan digunakan.

Mysql_connect merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan koneksi ke mysql sesuai dengan nama hostname, username dan password.

Mysql_select_db merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pemilihan database yang akan digunakan.

Or die merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan pesan jika koneksi gagal atau database tidak ada.

Sampai disini kita sudah berhasil membuat koneksi PHP dengan MySQL dan untuk pelajaran selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menyimpan data kedalam database, cara menampilkan data dari database ke browser, mengedit data menghapus data dan masih banyak lagi lainnya. 


Jangan lupa komentar dan likenya ya sobat, komentar anda sangat berarti bagi saya sebagai bahan koreksi bagi saya terutama blog kesayangan kita ini. Terimakasih.

21 Komentar

  1. thnks banget bos infonya sangat bermanfaat..
    di tunggu kunjungannya
    Gerobak Software

    BalasHapus
  2. kalo buatnya dari command window bagaimana?

    BalasHapus
  3. mantap sekali bahasanny, saya salut pada blog ini yang membahas topik yang sulit menurut saya. salam

    BalasHapus
  4. terimakasih atas komentar rekan-rekan sekalian pada blog ini, saya sangat bangga atas tanggapan semua saudara mengenai blog saya ini, dan tentunya saya akan memberikan segala yang terbaik dari saya.

    salam sukses

    BalasHapus
  5. kurang jelas gan kalo menurut ane !
    itu yang script nya mana ?

    BalasHapus
  6. saya mau bertanya cara membuat halaman login admin gimana?????

    BalasHapus
  7. @Anonymous: Cara membuat halaman login admin akan saya post pada postingan berikutnya ya ,, tunggu aja

    BalasHapus
  8. Ini tutorial yang saya butuhkan, thanks ya.

    BalasHapus
  9. gan gimana buat data karyawan dari xampp, table nya Tangal jam masuk dan keluar kerja, dan jika pulang kerja ngelewati jam 04.00 sore gimana cara terdetek lembur nya,, dan sekaligus gmna aplikasi ini terdetek dengan finger print..
    tolong share nya gan, maklum masih dalam proses belajar heheh
    sekaligus tgas PPL nih wkwkw

    BalasHapus
  10. Thank you for nice information. Please visit our web:
    www.uhamka.ac.id

    Rasiyah
    Rasiyah

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama