Test Ajax Browser Support

Halo sahabat Belajar Pintar PHP, perlu anda ketahui bagi yang baru belajar atau mendengar kata Ajax, bahawa  Ajax bukanlah bahasa pemrograman baru, tetapi merupakan teknik baru penggunaan standart yang telah ada.

Dimana contoh nyata yang sering kita lihat penggunaannya adalah pada teks pencarian facebook, dimana kita hanya mengetikkan satu huruf saja, maka form akan diproses secara otomatis tanpa kita me reload halaman itu dulu.

Dengan Ajax kita dapat menjadi lebih baik, cepat dan menambah unsur user-friendly dan interaktif pada aplikasi web kita. Ajax berbasiskan pada Javascript dan requestHTTP.
Ajax berbasiskan standart terbuka seperti:
  • Javascript
  • XML
  • HTML/XHTML
  • CSS
Kata kunci dari Ajax adalah obyek XMLHttpRequest. Obyek tersebut terletak di browser sehingga masing-masing browser memilki cara tersendiri untuk membuat obyek XMLHttpRequest. Salah satu parameter membuat aplikasi Ajax yang bagus adalah bagaimana program tersebut dapat berjalan dengan baik di semua browser, walaupun tiap browser memiliki cara yang berdeda. Internet Explorer menggunakan ActiveObject, sedangkan browser lain menggunakan bawaan JavaScript, yaitu XMLHttpRequest. Untuk membuat obyek tersebut tentunya kita harus mengecek terlebih dahulu browser apa yang digunakan.

Contoh membuat XMLHttpRequest dengan JavaScript:


testAjax.html


<html>
<body>
<script type="text/javascript">
function AJAXfunction()
{
var xmlHttp;
try
 {
 //Firefox, Opera 8.0+, Safari
 xmlHttp=new XMLHttpRequest();
 }
 catch (e)
  {
   //Internet Explorer
   try
   {
   xmlHttp=new ActiveXObject("Msxml2.XMLHTTP");
   }
   catct (e)
    {
    try
     {
     xmlHttp=new ActiveXObject("Microsoft.XMLHTTP");
     }
     catch (e)
      {
      alert("Browser Anda Tidak Support Ajax");
      return false;
      }
     }
    }
  }
</script>
</body>
</html>

Script Ajax di atas pertama mendefinisikan variabel xmlHttp untuk menampung XMLHttpRequest.

Kemudian Script Ajax ini akan membuat obyek dengan XMLHttp=new XMLHttpRequest().

Script Ajax ini akan bekerja pada browser Firefox, Opera, dan safari. Jika gagal maka akan di buat xmlHttp=new ActiveObject("Msxml2.XMLHTTP") untuk Internet Explorer 6.0 ke atas, dan jika gagal lagi maka dicoba xmlHttp=new ActiveObject("Microsoft.XMLHTTP") untuk IE 5.5 ke atas.
Dan apabila dari ketiga metode di atas tidak ada yang bekerja, brati browser user tidak mendukung Ajax maka akan muncul pesan "Browser Anda Tidak Support Ajax".

Oke sobat, cukup sekian untuk kali ini, selamat mencoba dan belajar.

1 Komentar

  1. makasih tutorialnya, kalau browser support berarti page nya nanti blank ya gan? punya ane browser Opera,safari,firefox dan IE gada pesan apa apa , mohon penjelasannya gan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama