5 Framework PHP Terkenal Di dunia

Sebelumnya anda sudah paham ? apa itu framework php ? buat yang belum tau saya akan memberikan sedikit gambaran atau penjelasan tentang framework php. Oke ,, Framework php bukanlah suatu aplikasi bahasa pemrograman yang baru, tetapi ini adalah suatu metode dalam pembuatan website, sifatnya hampir sama dengan prinsip OOP PHP, tetapi disini, anda diberikan kemudahan serta anda tidak perlu lagi mengetik kode php dari nol. karena disini telah disediakan seperti configurasi Database, font website, chace, user agent dan masih banyak lagi.

PHP Framework yang baik akan meningkatkan keamanan web, membuat website dengan lebih mudah untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk membangun website dan aplikasi web. Tapi pertanyaan terbesar pada saat ini dari sekian banyak pengembang web (baca: developer web) adalah PHP Framework apakah yang terbaik?

Berikut Adalah 5 PHP Framework yang paling populer di dunia sekarang ini Revisi tahun 2012 .


1. Yii Framework

Secara statistik, saat ini Yii Framework adalah framework terbaik di kalangan para developer web. Ini adalah generasi framework PHP berikutnya. Faktor utama yang membuat Yii di posisi teratas adalah fitur yang dimiliiknya dan lebih cepat dari Codeigniter Framework dan Zend Framework. Dari saat menginstal Yii, Anda telah mendapatkan website yang sempurna dan mengesankan yang semuanya berjalan secara otomatis. Yii juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk tugas umum seperti CRUD (creating, reading, updating and deleting atau menciptakan, membaca, memperbarui dan menghapus).

URL: http://www.yiiframework.com/
Dokumentasi: http://www.yiiframework.com/doc/
Download: http://www.yiiframework.com/download/

2. Codeigniter Framework

Saat ini, Codeigniter juga merupakan pilihan yang baik untuk para pengembang php. Codeigniter relatif mudah dipelajari. Fitur bersahabat, Codeigniter adalah framework kerja yang kuat seperti Zend dan Cake. Tujuan utama adalah untuk memungkinkan Anda mengembangkan proyek-proyek lebih cepat dari yang Anda bisa, dengan menyediakan satu set perpustakaan (library) untuk tugas yang sering dikerjakan, serta antarmuka yang sederhana dan struktur logis untuk mengakses perpustakaan. CodeIgniter memungkinkan Anda kreatif dan fokus pada proyek Anda dengan meminimalkan jumlah kode yang dibutuhkan untuk tugas yang diberikan.

URL: http://www.codeigniter.com/
Dokumentasi: http://codeigniter.com/user_guide/
Download: http://codeigniter.com/downloads/

3. Zend Framework

Zend adalah PHP Framework kuat yang lebih aman, dapat diandalkan dan memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi Web 2.0 & layanan web lainnya. Framework ini awalnya dibangun oleh PHP. Zend diperkaya dengan API dari vendor terkemuka seperti Google, Amazon, Yahoo, Flickr, dll yang membuatnya pilihan bagi bisnis besar.

Sebenarnya Zend memiliki kelebihan yang cukup banyak dan bisa dikatakan sebagai PHP Framework yang baik. Zend kuat, cepat dan terukur. Permintaan untuk para pengembang Zend (Zend developer) sangat besar dan Anda bisa mengetahui bahwa menggunakan Zend adalah seperti memiliki jaminan bahwa Anda tidak akan pernah kehilangan pekerjaan.

URL: http://framework.zend.com/
Dokumentasi: http://framework.zend.com/docs/
Download: http://framework.zend.com/download/

4. CakePHP Framework

CakePHP adalah framework populer untuk pengembangan aplikasi web. Sederhana untuk belajar yang menyediakan struktur dasar organisasi, menjaga seluruh aplikasi Anda konsisten dan logis. Ia bisa menangani setiap aspek, dari permintaan awal pengguna sampai ke rendering akhir dari suatu halaman web. Dan karena CakePHP Framework mengikuti prinsip MVC, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan dan memperpanjang sebagian besar aspek aplikasi Anda.

URL: http://www.cakephp.org
Dokumentasi: http://book.cakephp.org/2.0/en/index.html
Download: https://github.com/cakephp/cakephp/archives/2.1

5. Symfony Framework

Symfony adalah framework php lengkap yang dirancang untuk mengoptimalkan pengembangan aplikasi web. Untuk pemula, ini dapat memisahkan aturan aplikasi web bisnis, logika server, dan tampilan presentasi. Symfony memiliki banyak alat (tools) dan class yang ditujukan untuk memperpendek waktu pengembangan sebuah aplikasi web yang kompleks.

Symfony seluruhnya ditulis dalam PHP. Telah diuji secara menyeluruh di berbagai dunia nyata, dan sebenarnya digunakan untuk permintaan tinggi website e-business. Hal ini kompatibel dengan sebagian besar mesin database yang tersedia, termasuk MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan Microsoft SQL Server. Symfony berjalan pada platform Unix dan Windows.

URL: http://www.symfony-project.com/
Dokumentasi: http://www.symfony-project.org/doc/1_4/
Download: http://symfony.com/download#legacy


Sekarang anda tinggal memilih, mana yang paling mudah dan bagus menurut anda, tetapi disini saya sedikit memberikan saran agar anda lebih memperdalam framework CodeIgniter, karena banyak kemudahan yang diberikan. Dan perlu anda ketahui bahwa Pembuat PHP sendiri lebih menyukai framework yang satu ini.

Sekian dulu ya bapak ibu semua ,, saya mau makan malam dulu,, lapar ini ,, hehehe.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama