Tips PHP : Mencari atau Cara Mengetahui Negara Berdasarkan IP Dengan PHP

Hai para sahabat Planetsphp.blogspot.com ,, kali ini saya akan berbagi sedikit tips php dimana tips ini sering dipakai untuk mengetahui dari negara mana aja sih yang pernah mengunjungi blog atau website kita ,, ??!!.

Sebagai contoh seperti pada blog saya ini , pada bagian widget traffick live, anda dapat melihat secara jelas bahwa disana dicantumkan kota asal , negara dari pengunjung blog saya ini. Nah, sekarang pasti ada muncul pertanyaan dalam benak sahabat sekalian, bagaimana ya caranya ? Bagi yang penasaran, langsung saja kita lihat sama-sama scriptnya.

Untuk mengetahui negara asal IP address pengunjung website, kita bisa menggunakan beberapa metode dalam PHP. Yang paling mudah adalah menggunakan versi pure PHP. Kamu harus download dulu geoip free country file dan mengekstrak di direktori tertentu di website kamu. Jika sudah, berikut adalah contoh kodenya, untuk melihat penjelasan detil, silakan ke website ini :


<?php
// include functions
include("geoip.inc");
// read GeoIP database
$handle = geoip_open("GeoIP.dat", GEOIP_STANDARD);
// map IP to country
echo "IP address 62.149.130.132 located in " . geoip_country_name_by_addr($handle, "62.149.130.132") . " (country code " . geoip_country_code_by_addr($handle, "62.149.130.132") . ")";
// close database handler
geoip_close($handle);
// print compulsory license notice
echo "<p> -- This product includes GeoIP data created by MaxMind, available from http://maxmind.com/ --";
?>

selamat mencoba, bagi anda yang menemukan atau mengalami kesulitan, bisa meninggalkan komentar dibawah ini.
Terimakasih...!!
Lebih baru Lebih lama