MYSQL : Kumpulan Perintah MYSQL dan penjelasannya

Hai Sahabat Setia Belajar Pintar PHP, dalam dunia pemrograman website, kita pasti tidak terlepas dari peran sebuah database, dan hampir seluruh website di dunia ini memiliki databasenya masing-masing. Dalam kasus ini saya akan membahas tentang MYSQL karena MYSQL adalah salah satu database yang paling banyak digunakan oleh para web developer dalam pembuatan website. Oke tanpa banyak basa-basi, kita langsung ke TKP ...!!!

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa query yang digunakan untuk mengakses basis data relasional. Perintah SQL meliputi perintah-perintah untuk menyimpan, menerima, memelihara, dan mengatur akses ke basis data serta untuk memanipulasi dan menampilkan data dari database. Perintah - perintah SQL yang sering digunakan untuk web database:
 

Create database

Untuk membuat database, perintah umumnya: CREATE database nama_database.
 

Create table

Untuk membuat tabel, perintah umumnya: CREATE table nama_tabel ( namafield1 tipe_data not null, namafield2 tipe_data not null,… ).
 

Select

Untuk mengambil data dari suatu tabel untuk ditampilkan. Perintah umumnya: SELECT nama_field FROM nama_tabel (WHERE kondisi). “WHERE” tidak harus ada.
 

Insert

Untuk menyisipkan data pada tabel di suatu basis data. Perintah umumnya: INSERT INTO nama_tabel (field1,field2,…) VALUES (nilai1,nilai2,…).
 

Delete

Untuk menghapus sebuah record pada tabel. Perintah umumnya: DELETE FROM nama_tabel WHERE kondisi.
 

Update

Untuk memperbarui nilai suatu data di suatu sistem basis data. Perintah umumnya:UPDATE nama_tabelSET field=’nilai‘WHERE kondisi.
 

Alter Table

Untuk memodifikasi tabel baik menambah, menghapus, maupun mengganti field/kolom yang ada pada tabel.Menambah Field: ALTER TABLE nama_tabel ADD nama_field tipe_data;Mengubah Field: ALTER TABLE nama_tabel CHANGE nama_field_lama nama_field_baru tipe_data;Menghapus Field: ALTER TABLE nama_tabel DROP nama_field.
 

Drop

Untuk menghapus tabel dan database.Menghapus tabel: DROP TABLE nama_tabel;Menghapus database: DROP DATABASE nama_database;
 

Perintah-perintah pada SQL ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika kita membuat halaman web dinamis (baik dengan PHP atau ASP) yang berbasis database.

Sekian dan terimakasih.

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama