Tutorial PHP : Cara Cepat Memulai PHP dengan Xampp

Selamat Pagi, Siang atau malam bagi pengunjung setia blog ini, Mungkin ini sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya, tapi karena banyak pertanyaan dari pengunjung yang menanyakan cara memulai php dengan xampp sangat banyak, jadi tidak ada salahnya saya bahas lagi.

Oke sebelum bekerja dengan php, pada postingan sebelumnya kita sudah berhasil menginstall xampp, namun kita belum dapat menjalankan skrip phpnya dan juga belum dapat menikmati databasemysqlnya. Untuk dapat menjalankan keduanya kita cukup, cari xampp-control panel di start menu, dan kita klik tombol start pada baris apache dan mysql.

Gambar Control Panel Xampp

Gambar Control Panel Xampp

Ini tandanya kita sudah dapat bekerja dengan mysql maupun php. Kita akan coba masuk kedalam pembahasan, bekerja dengan PHP. Sebelumnya kita telah praktikan bagaimana menginstall xampp agar PHP dan MySQL dapat dijalankan di mesin lokal. 

Sekarang saatnya kita akan coba mengetahui struktur dari syntax PHP. Saya asumsikan anda sudah mengerti sedikit minimal dasar HTML, PHP sama dengan HTML, untuk dapat menjalankan scriptnya maka anda harus mengetikkan syntax-syntaxnya ke dalam satu buah file dengan menggunakan text-editor seperti notepad, atau text editor kesukaan anda, kemudian meletakkan file tersebut pada suatu direktori khusus yakni defaultnya adalah di : c:\xampp\htdocs\..

Sebagai contoh, Buka Notepad anda atau dreamweaver atau apapun jenis text-editor yang anda pakai, kemudian ketikkan script dibawah ini.

<?php
echo “Selamat datang di Belajar Pintar PHP”;
?>


Jika sudah, simpan dengan nama coba.php pada direktori xampp anda, contoh C:\xampp\htdocs\... Ingat , jangan lupa setiap penamaan file php harus diakhiri dengan .php

Sedikit penjelasan tentang kode di atas :


Tag <?php digunakan untuk memulai php dan Tag ?> digunakan untuk menutup php, sedangkan kode phpnya harus berada diantara tag pembuka dan tag penutup.

Sedangkan echo adalah perintah php yang berfungsi untuk mencetak atau menampilkan.
Dan yang paling penting jangan lupa ditutup dengan titik koma.

Kemudian untuk dapat menjalankan skrip tersebut gunakanlah browser internet seperti mozilla firefox. Dengan mengisi alamat di address bar seperti ini misalnya : http://localhost/coba.php

Selamat mencoba dan saya harap anda dapat mengembangkannya sendiri agar anda makin dan semakin mengerti dan cepat mahir dengan PHP MySQL. Jangan takut salah, karena dari kesalahan itu kita tau bagaimana cara memperbaiki kesalahan tersebut dan pada akhirnya ilmu kita akan semakin bertambah.

Jangan Lupa ya share, like dan komentarnya, Thanks ...!!!

4 Komentar

  1. kox saya objek not found trus si

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
  3. www.atmaluhur.ac.id

    gan cara menampilkan komentar di blog kita gimna gan dan bisa di sertakan dengan fb bntu gan saya belum paham

    tolong gan kalo ada saran bisa kirim lewat email
    saya 1622500121@mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama