Cara Memproteksi PHPMyAdmin dengan Password

 Hy ... !!! Lama tak berposting ,,, hehehe, kali ini saya ivan silalahi ingin berbagi sedikit ilmu tentang bagai mana cara memproteksi phpmyadmin dengan password ?. Oke langsung saja ..
Bagi rekan-rekan yang sudah sering menggunakan XAMPP mungkin sudah terbiasa menggunakan PHPMyAdmin yang merupakan aplikasi bawaan dari XAMPP untuk mengolah database MySQL melalu web based interface. Nah permasalahnnya dalah, PHPMyAdmin ini secara default belum dilengkapi dengan password yang memproteksi database kita dari orang yang tidak berkepentingan

Nah, mungkin banyak diantara pembaca yang belum tau bagaimana caranya memproteksi PHPMyAdmin dengan Password. Pada tutorial ini saya akan menjelaskannya secara detail. Pada PHPMyAdmin yang belum di proteksi dengan Password, maka dibagian bawah halaman awalnya akan terlihat sebuah peringatan bahwa PHPMyAdmin kita belum di proteksi dengan Password. Perhatikan gambar di bawah ini :

PHPMyAdmin belum ada password

Nah untuk memproteksinya, silahkan anda masuk ke menu PRIVILEGES dan EDIT data password untuk user “localhost” , perhatikan gambar dibawah ini :

Menu Privileges

Ketika halaman PRIVILAGES untuk user “localhost” sudah terbuka, anda akan menemukan passwordnya masih kosong. Nah, pada kolom Password, masukkanlah password sesuai yang anda inginkan. Perhatikan gambar di bawah ini :

Set Password PHPMyAdmin

Setelah anda memasukkan password, simpan perubahannya dengan menekan tombol GO. Lalu masuk kembali ke halaman PHPMyAdmin, coba perhatikan tampilannya. Anda akan menemukan bahwa PHPMyAdmin anda akan terlihat ERROR seperti gambar di bawah. Namun tenang, itu adalah normal, karena Password sudah kita ubah, namun file konfigurasi PHPMyAdmin belum kita rubah. Perhatikan gambar di bawah ini :

PHPMyAdmin Error

Nah untuk mengatasi ERROR ini, maka kita harus melakukan EDITING pada file konfigurasi PHPMyAdmin yaitu file config.inc.php yang terletak di folder C:\xampp\phpMyAdmin. Silahkan Anda rubah nilai AUTH_TYPE menjadi http dan Password sesuai dengan password yang telah kita rubah sebelumnya. Perhatikan gambar di bawah ini :

Edit Konfigurasi PHPMyAdmin

Setelah itu, coba anda refresh atau buka kembali halaman PHPMyAdmin maka anda akan di minta untuk memasukkan username dan password untuk PHPMyAdmin anda. Perhatikan gambar dibawah ini.

Insert Password  PHPMyAdmin

Gimana ?? Gampang kan ?? Selamat mencoba bagi calon Programer Dunia ... !!
Lebih baru Lebih lama