Tutorial PHP : Cara Membuat Laporan PDF menggunakan FPDF pada CodeIgniter

CodeIgniter merupakan salah satu Framework PHP yang sangant terkenal dan paling diminati para pengguna php. Kenapa ?, Mungkin karena gratis atau mungkin lebih ringan dan cepat.

Saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan CodeIgniter dalam membangun aplikasi dalam institusi mereka. Bahkan saat ini CodeIgniter bisa dikatakan sudah menjadi flatform yang digunakan banyak sekali perusahaan-perusahaan baik sekala kecil sampai yang besar.

Nah dalam perkembangannya, sering sekali aplikasi yang dibangun dengan CodeIgniter diharapkan untuk dilengkapi dengan laporan dalam bentuk file PDF. Nah sering sekali kita kesulitan untuk membangun aplikasi yang bisa membuat laporan PDF didalam aplikasi CodeIgniter yang kita bangun. Dan disini saya ingin membagikan kembali pengalaman saya kepada teman-teman semua.

File Library FPDF ini dapat anda peroleh dari situs resminya, dan setelah anda berhasil mendownloadnya anda akan mendapat beberapa file dan folder diantaranya yaitu :
1. Folder Font
2. File fpdf.php
3. File fpdf.css

Selanjutnya, copy paste file dan folder tersebutbeserta isinya kedalam folder Library CodeIgniter yaitu “/application/libraries/”. Selanjutnya buat sebuah function baru di Controller anda, misalkan nama functionnya  adalah “testPDF()”, sehingga kode function tersebut akan terlihat seperti dibawah ini :

function testpdf()
{
$this->load->library('fpdf');
$this->fpdf->FPDF('P','cm','A4');
$this->fpdf->AddPage();
$this->fpdf->SetFont('Arial','',10);
$teks = "Ini hasil Laporan PDF menggunakan Library FPDF di CodeIgniter";
$this->fpdf->Cell(3, 0.5, $teks, 1, '0', 'L', true);
$this->fpdf->Ln();$this->fpdf->Output();
}

Kode diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Baris 3: berfungsi memanggil library FPDF.
Baris 4: Membuat halaman dengan orientasi Potrait (“P”), dengan satuan dasar Centimeter (cm) dan jenis kertas A4.
Baris 5-6 : Menambahkan halaman dan mendefenisikan jenis tulisan (Arial) dan ukuran tulisan (10).
Baris 7-9 : Mencetak teks kedalam halaman PDF
Baris 10 : Mencetak output kedalam bentuk file PDF.

Nah, kalau kode diatas anda jalankan, maka anda akan mendapatkan file PDF yang berisi tulisan “Ini hasil Laporan PDF menggunakan Library FPDF di CodeIgniter”.

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama